Hadapi Kemarau, Pemkab Siapkan Antisipasi

14 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul pastikan bencana kekeringan tidak akan separah seperti tahun lalu.

Hal itu sudah diantisipasi dan dipersiapkan dengan matang. Oleh sebeb itu BPBD mengklaim kekeringan tak akan separah tahun lalu.

“Kami telah menyiapkan anggaran hingga kesiapan kendaraan untuk droping air,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki, Kamis (17/5/2018).

Tahun ini, menurut Edy BPBD telah menyiapkan dana sebesar Rp638 juta untuk keperluan antisipasi kemungkinan bencana kekeringan telah disiapkan.

Selain itu performa truk pengangkut air guna lakukan droping juga sudah dicek keseluruhan kondisinya.

Sementara untuk truk droping sudah kami cek, rencana minggu ini akan kamu uji kir ke Dishub supaya layak jalan,” bebernya.

Edy menjelaskan penyediaan belanja barang dan jasa meliputi ketercukupan kebutuhan BBM, membayar jasa sopir truk pengangkut air, dan kebutuhan administasi lainnya.

“Dana itu juga bisa digunakan untuk menyuplai 3.200 tanki air nantinya,” jelasnya.

Terpisah, Direktur PDAM Tirta Handayani Isnawan Febrianto mengatakan, saat ini total cakupan PDAM Tirta Handayani sudah 65 persen dan ditambah SPAMDes 25 persen, maka jaringan perpipaan di Kabupaten Gunungkidul mencapai 80 persen. Sisanya 20 persen merupakan air mandiri, sumur gali atau air permukaan, hingga geografis tidak terjangkau perpipaan.

Dijelaskannya, untuk tahun ini pihaknya menyiapkan beberapa sumber air tambahan diantaranya di Tegalsari, Wonosari; Sayangan Playen, dan karangmojo.

“Untuk wilayah jangkauan PDAM, kami optimis musim kemarau, dan memasuki puasa dan lebaran tidak akan ada kendala,” tuturnya. (Susanti)

Related Post