Hamil Duluan Jadi Alasan Utama Pernikahan Dini

91 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pengadilan Agama Kabupaten Gunungkidul, mencatat hingga awal April 2019 sebanyak 16 kasus terjadi pengajuan dispensasi nikah dini. Hal itu terjadi karena terjerumus pergaulan yang tidak sehat sehingga mengalami hamil diluar nikah.

Humas Pengadilan Agama Kabupaten Gunungkidul, Barwanto menjelaskan pada tahun 2018 ada sebanyak 79 pasangan yang mengajukan dispensasi nikah dini ke Pengadilan Agama.

“Dari 79 yang kami berikan dispensasi ada 77 pasangan. Pada tahun 2019 hingga awal April ini ada 16 pasangan yang mengajukkan dispensasi nikah karena masih di bawah umur. Kebanyakan mereka yang mengajukan memang telah hamil di luar niikah,” katanya, Senin (8/4/2019) kemarin.

Selain karena hamil di luar nikah, mereka yang mengajukan dispensasi nikah karena telah putus sekolah pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), kemudian bekerja di luar daerah yang jauh dari keluarganya.

“Untuk pelajar dan yang sudah bekerja 50:50 lah prosentasenya yang mengajukan dispensasi nikah, ya rata-rata memang mereka sudah hamil duluan,” jelasnya. (Bayu)

Related Post