Hanya Butuh Satu Hari, Warga Bangun Jalan Ratusan Meter

58 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Masyarakat Dusun Kedung, Desa Karangtengah, Wonosari, merelakan sebagian lahan mereka dipergunakan untuk perluasan jalan penghubung antar kecamatan sepanjang 600 meter dengan lebar 5 meter.

Irosnya, proses pengerjaan pelebaran jalan tersebut rampung dikerjakan dalam kurun waktu satu hari saja. Hal itu lantaran minat masyarakat yang tinggi untuk ikut andil dalam proses pembangunan jalan umum.

Sebanyak 500 warga setempat berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan fisik dalam waktu yang sangat singkat.

Dukuh Murniyati saat memimpin langsung jalannya kerjabakti ini mengatakan, selain menjadi jalur utama penghubung Desa jalur yang diperlebar ini adalah jalur alternatif yang juga menghubungkan kecamatan Wonosari dengan kecamatan Karangmojo.

Namun strategis, selama ini kondisinya kurang memadai sebab lebarnya hanya kurang dari 2,5 meter saja.

“Ini wujud kegotongroyongan warga dengan kekompakan berkomitmen mewujukan pembangunan jalan target sehari jadi,”‎ terangnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Suharno, SE didampingi Rian Ekowibowo mengatakan, jalan penghubung wilayah Kedung Desa karangtengah menuju Grogol Desa Bejiharjo Kerangmojo dibuka sepanjang 600 meter dengan lebar 5 meter.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dan kerjasama warga di kerjakan sehari hanya tenaga manusia bisa selesai,” ujar Suharno.

Lebih lanjut, Suharno berharap akan mencanangkan program gerakan rakyat. Hal itu bertujuan untuk mendorong pembangunan fisik desa guna mempermudah warga dipedesaan.

“Akses jalan sangatlah penting dan sangat dibutuhkan untuk semua pihak. Untuk itu melalui program gerakan rakyat kami terus kembangkan guna membantu perkembangan kemajuan diwilayah pedesaan,” paparnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Suhono mengaku dengan dibangunnya akses jalan penghubung antar desa sekaligus antar kecamatan sangat membantu mempermudah warga yang hendak melintas.

“Pembebasan tanah ini tidak ada konfik semua menyadari karena untuk kepentingan umum. Dan program gerakan rakyat dari Pak Harno sangat bermanfaat untuk menunjang pembangunan desa,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post