Hapus Rentenir, Kecamatan Patuk Gandeng UPK

399 views
image

Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Patuk – Padukuhan bebas rentenir segera akan digagas oleh Pemerintah Kecamatan Patuk. Hal itu agar terbebas dari praktik yang merugikan masyarakat.

Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi mengatakan, maraknya rentenir menyusup di berbagai wilayah Gunungkidul membuat keprihatinan tersendiri karena masyarakat terjerat dengan bunga yang cukup tinggi. Ia mengatakan saat ini sudah dilaksanakan di empat Padukuhan, meliputi Padukuhan Jatikuning Desa Ngoro-Oro, Padukuhan Pengkok, Desa Pengkok, Padukuhan Ngembes, dan Sumber Tetes Patuk dan akan terus dikembangkan dipadukuhan yang lainnya.

“Kami mengembangkan program dusun bebas rentenir ini untuk menjauhkan masyarakat dari kerugian akibat tekanan dari rentenir,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (14/3/2017).

Ambar mengatakan praktik rentenir ini sudah cukup lama terjadi di tengah-tengah masyarakat. Bahkan, sang rentenir secara terang-terangan menawarkan pinjaman berbunga tinggi kepada masyarakat. Untuk mengatasi rentenir, pemerintah kecamatan menggandeng Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM untuk menggelontorkan program pinjaman ke masyarakat.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak bank untuk memberikan kredit mudah bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Patuk Suprapti Purnamaningrum mengatakan, pinjaman melalui program PNPM sangat mudah. Asalkan memiliki usaha, tidak perlu agunan bisa mengambil pinjaman. Menurutnya, bunga pinjaman sebesar 18 persen per tahun. Peminjam juga mendapat intesif sebesar 15 persen usai pelunasan.

“Cara meminjam cukup mudah, asal memiliki usaha semua bisa mengajukan,” ucapnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post