Harga Ayam Potong Di Gunungkidul Anjlok

313 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Harga daging ayam potong mengalami penurunan. Terbukti dari pantauan Gunungkidulpost.com, Kamis (27/6) di sejumlah pasar di Wonosari mengalami penurunan yang signifikan.

Meskipun harga jual antara pedangang berbeda, namun rata-rata pedagang daging ayam menjual dengan harga Rp 28.000 – Rp 30.000 /kg.

Salah satu pedagang daging ayam di pasar Besole, Wasgito mengatakan, penurunan harga ayam telah terjadi sekitar setengah bulan yang lalu. Sebelumnya dia menjual daging ayam potong dengan harga Rp 36.000/kg sekarang menjadi Rp 28.000/kg.

“Setelah Lebaran harga daging ayam mengalami penurunan secara berkala, dikarenakan harga dari distributor atau dari kandang turun juga.” katanya saat ditemui Gunungkidulpost.com.

Dia tidak bisa memprediksi sampai kapan harga daging ayam potong mengalami penurunan.

“Kalau kita hanya mengikuti harga distributor, harga turun kita juga mengikuti turun. Bila harga naik kita juga akan menaikkan. Tergantung harga dari distibutor kita menyesuaikan,” imbuhnya.

Menurut Wasgito, adanya penurunan harga daging ayam potong rata-rata bisa menjual daging ayam potong sekitar 4 kwintal/hari. Hal itu sedikit mengalami peningkatan pembelian dari konsumen.

“Ya pembeli memang sedikit meningkat dengan adanya penurunan harga ayam ini,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di pasar Argosari, Nanik mengatakan bahwa harga daging ayam potong terus mengalami penurunan dari sebelum Lebaran. Jika sebelumnya harga daging ayang mampu mencapai sekitar Rp 40.000, dia menjual dengan harga Rp 30.000/kg.

“Walaupun harga daging ayam turun tetapi tidak mengalami peningkatan pembelian,” tutup Nanik. (Falentina)

Related Post