Harga Ayam Potong Masih Tinggi

247 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Harga komoditas ayam potong di Gunungkidul dinilai masih tinggi.

Hingga hari ini harga ayam potong di Gunungkidul sekitar Rp42.000/kg, turun dibanding harga semula yang mencapai Rp50.000/kg.

Terkait hali ini, dinas terkait harus turun tangan.Pasalnya harga tersebut jauh dari harga normal yang berada di kisaran Rp35.000/kg.

Salah satu pedagang ayam potong di Pasar Argosari Wonosari, Wasiyanti mengeluhkan, imbas dari masih tingginya harga tersebut berdampak pada turunnya daya beli masyarakat.

Diakuinya, sejak beberapa hari terakhir konsumen lebih memilih mengkonsumsi non daging lantaran harga tinggi.

“Hanya pembeli yang bersatus langgananlah yang masih datang,” kata Wasiyanti,Kamis,(26/7).

Menurut Wasiyanti, minimnya stok daging ayam potong disinyalir menjadi penyebab kenaikan harga ini. Dihari biasa ia bisa dikirimi kurang dari 1 kwintal sekitaran 70 kilo, tapi beberapa hari terakhir ini ia cuma dapat 50 kilogram.

Keluhan tidak hanya datang dari pedagang. Para pemilik rumah makan yang biasa membeli ayam potong di Pasar Argosari juga menyerukan suara yang sama. Salah satunya diungkapkan Bayu Prihartanto.

“Ya mau gimana lagi, karena harus berjualan jadi tetap beli ayam, tapi ukurannya diperkecil agar tidak rugi,” kata Bayu.

Bayu mengatakan sejak kenaikan harga ini sejumlah warung makan juga melakuan tindakan serupa. Adapun tujuan mengurangi ukuran daging ayam ini agar warungnya tidak menaikkan harga. Pasalnya jika ikut naik maka akan mematikan pasaran.

“Pelanggan malah menjauh, jadi ya satu-satunya cara begini,” jelas Bayu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Suryanto berjanji pihaknya akan segera mencari solusi pemecahan masalah ini. (Santi)

Related Post