Harga Cabai Mulai Turun, Bawang Putih Masih Tinggi

92 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam pekan terakhir Maret 2018, harga bahan pangan utamanya komoditas cabai seperti cabai rawit merah, cabai merah keriting, hingga rawit hijau mengalami penurunan.

Tidak hanya komoditas cabai, menurut hasil pantauan Gunungkidulpost.com di pasar Argosari, Wonosari, harga bahan pangan lain semisal kentang pun ikut merosot.

“Harga cabai rawit merah sudah mulai turun menyusul sejumlah petani sudah mulai masuk masa panen cabai,” kata Kepala seksi distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gunungkidul, Sigit Haryanto kepada wartawan, Senin (26/3/2018).

Menurut dia, paling banyak mengalami penurunan yakni cabai rawit merah dari minggu kemarin awalnya Rp65.000/kg saat ini menjadi sekitar Rp48.000/kg. Sedangkan jenis cabai lain masih fluktuatif.

Sigit Haryanto menjelaskan, penurunan tersebut terjadi disebabkan karena petani sudah mulai menanen dan pasokan untuk Gunungkidul cukup lancar.

“Untuk jenis cabai lain, seperti cabai rawit hijau masih dikisaran Rp26.000/kg. Untuk cabai merah keriting di kisaran harga Rp41.000/kg. Cabai merah biasa Rp38.000,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang di Pasar Argosari, Wonosari, Mujirah mengatakan memang ada penurunan cukup banyak untuk cabai rawit merah menjadi sekitar Rp40.000/kg turun lebih dari Rp10.000/dari beberapa hari lalu.

“Meski harga cabai rawit merah sudah mulai menurun tapi untuk penjualan masih belum ramai juga, karena warung-warung yang biasa membeli sepi,” ungkapnya.

Beda halnya dengan bawang putih, yang dilanda kenaikan harga. Jika sebelumnya dijual Rp 28 ribu, saat ini meningkat Rp 2 ribu menjadi Rp 30 ribu.

Ketika ditanya alasan mengenai naik-turunnya harga bahan pangan di pasaran, para pedagang tidak bisa menjawab banyak.

“Kita enggak tahu, itu dari distributornya, sudah naik harganya” tukas dia. (Santi)

Related Post