Harga Cabai Naik, Warga Pilih Tanam Sendiri

419 views


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang akhir tahun harga sejumlah bahan pokok kembali mengalami kenaikan di Pasar Hargosari, Wonosari. Khusus komoditas cabai kenaiknya cukup signifikan. Jika tidak segera ditangani, komoditas ini bisa memicu tingginya inflasi akhir tahun.

Salah satu pedangang sayur di Pasar Hargosari mengatakan, kenaikan harga cabai itu terjadi sejak tiga hari yang lalu. Hal tersebut dikarenakan pasokan cabai dari para petani yang menurun, sehingga harga cabai semakin naik.

“Sampai saat ini harga masih masih mahal. Karena memang kondisi cuaca yang cukup ekstrim ini membuat produksi hasil tanaman cabai dari para petani menurun,” katanya, Kamis (15/12/2016).

Menuk menjelaskan, kenaikan harga cabai rawit mencapai Rp. 50 ribu/kilogram, dibanding satu pekan sebelumnya hanya kisaran Rp. 35 ribu/kilogram.  

“Kenaikan harga ini karena memang minimnya pasokan para petani cabai di sejumlah kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Tukini warga kecamatan Wonosari mengatakan, melihat tingginya harga cabai di pasaran. Ia memilih untuk memanam cabai rawit sendiri di kebun miliknya. Meskipun panenannya cukup sedikit, namun bisa mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari.

“Karena memang kondisinya di pasaran harga cabai naik, jadi saya memilih untuk tanam sendiri,” pungkasnya. (Nena)

Related Post