Harga Daging Sapi Dan Ayam Masih Tinggi

144 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Harga daging sapi dan ayam di pasar tradisional Kabupaten Gunungkidul, masih tinggi sepekan usai libur Idul Fitri 1439 Hijriah atau hanya sedikit mengalami penurunan setelah harga meroket.

“Ada dua komoditas pokok yang harganya masih tinggi, yaitu daging sapi berkisar Rp127 ribu per kilogram, kemudian daging ayam masih sekitar Rp35 ribu per kilogram,” kata salah satu pedagang daging di Pasar Argosari, Sriyati kepada wartawan, Minggu (24/6/2018).

Menurut dia, harga daging sapi dan ayam pada level tersebut sudah terjadi sejak dua hari sebelum Lebaran 2018 atau sejak mengalami kenaikan dari sebelumnya di kisaran Rp110 ribu untuk daging sapi dan Rp 30 ribu per kg untuk daging ayam.

Ia menjelaskan, masih tingginya harga dua komoditas pangan tersebut karena permintaan pasar masih tinggi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dalam merayakan libur Lebaran bersama keluarga di kampung halamannya.

“Pada H-2 Lebaran itu harga daging sudah mencapai Rp125 ribu sampai Rp130 ribu per kg dari yang tadinya Rp108 ribu per kg, karena tradisi kalau orang mudik itu lauknya kan daging, kemudian daging ayam Rp35 ribu sampai Rp40 ribu yang tadinya Rp27 ribu per kg,” katanya.

Sri mengatakan, meski dua komoditas daging itu pada pekan ini harganya masih tinggi, namun stok di pasar masih mencukupi, sebab menghadapi Lebaran ini pihaknya terus berkoordinasi dengan pemasok untuk menjaga ketersediaan.

“Ini kan faktor kebutuhan pangan di saat libur Lebaran, dan sebagian pemudik masih belum kembali, mudah-mudahan harganya berangsur turun setelah liburan ini usai,” paparnya. (G1)

Related Post