Hari Aksara Internasional, Perupa Gunungkidul Gelar Aksi Di Titik Nol Kilometer

833 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Belasan perupa se kabupaten Gunungkidul menggelar aksi kampanye aksara jawa di titik nol kilometer, kamis (8/9), pagi.Aksi tersebut juga memeriahkan hari aksara internasional yang diperingati setiap tanggal 8 September.

Koordinator aksi, Andreas Bernard mengatakan, sebagai daerah dengan kultur budaya tinggi, kabupaten Gunungkidul menyimpan sejumlah potensi budaya, mulai dari tarian, kesenian hingga aksara jawa.”Bermacam – macam kebudayaan ada,” katanya.

Andreas Bernard menjelaskan, meski memiliki budaya yang banyak, tingkat kesadaran masyarakat untuk senantiasa melestarikan kebudayaan perlu ditingkatkan.Sebab dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan para generasi muda acap kali malas belajar budaya.”Untuk meningkatkan hal tersebut aksi ini kami lakukan,” jelasnya.

Bernard menerangkan, aksi kampanye aksara jawa dimulai dengan melukiskan aksara jawa di kain putih yang sudah disediakan oleh panitia.”Para perupa langsung melukiskan berbagai kata – kata dengan aksara jawa,” katanya.

Bernard menjelaskan, selain mengambar aksara jawa, salah seorang perupa yang sudah berdandan ala badut kemudian turun kejalan sambil membentangkan sejumlah papan yang bertuliskan aksara jawa.Selain itu juga dibagikan kertas berisi aksara jawa lengkap dengan terjemahanya untuk pengguna jalan.”Aksi ini untuk menarik simpati masyarakat,’ ucapnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya aksi tersebut, generasi muda mau belajar aksara jawa.”Harapan kami masyarakat timbul keinginan untuk belajar aksara jawa,’ terangnya.

Aksi yang berlangsung selama 2 jam tersebut, menarik perhatian para pengguna jalan, mereka mengaku simpati dengan aksi yang dilakukan para perupa Gununungkidul.”saya sangat mendukung aksi tersebut,” ucap salah seorang pengguna jalan Joko.(Maya)

Related Post