Hari Ini Dua Desa Mulai Dikirim Air

186 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Mulai hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mulai melakukan dropping air di Kecamatan Tanjungsari.

Droping perdana ini dilakukan di dua desa yakni di Desa Hargosari dan Desa Ngestirejo guna memenuhi kebutuhan air minum dampak kekeringan, di Kecamatan Tanjungsari, Rabu (30/5/2018).

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan hari ini mulai dilakukan droping air. Hal itu berdasarkan atas rapat koordinasi dengan kecamatan.

“Beberapa hari kemarin sudah 10 tangki untuk dua desa yaitu Ngestirejo dan Hargosari di Kecamatan Tanjungsari, sebenarnya untuk jadwal dropping reguler belum ada, karena Kecamatan belum menyetor data yang diprediksi kekeringan, dan belum ada anggaran maka kami bantu dahulu,” ujarnya Rabu (30/5/2017).

Menurut dia, saat ini baru dua Kecamatan yang melaporkan untuk data perkiraan daerah yang mengalami kekeringan, yaitu Kecamatan Nglipar dan Kecamatan Rongkop. Ia berharap agar pihak Kecamatan dapat segera melaporkan daerah yang diprediksi akan mengalami kekeringan.

“Nantinya akan kami buat jadwal untuk droppingair supaya lebih mudah,” ujarnya.

Sementara itu Camat Tanjungsari, Rahmadian mengatakan sejauh ini di Kecamatannya memang baru dua desa tersebut yang melaporkan mulai kekeringan. Ia mengatakan untuk wilayah Desa Hargosari, selain karena memang masuk musim kemarau, disana juga terkendala permasalahan PDAM, dan baru Rabu (30/5) akan diujicoba untuk sumber air baru.

“Baru dua desa, yang cukup parah yakni di Hargosari dan Ngestirejo,” bebernya. (Bayu)

Related Post