Hari Minggu Disdukcapil Tetap Buka

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul membuat terobosan baru untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan di hari libur kepada masyarakat. Pelayanan tersebut rencananya akan dilakukan sekali setiap satu bulan.


Kepala Disdukcapil Gunungkidul Eko Subiantoro mengatakan, pelayanan di hari libur akan dilakukan sekali dalam satu bulan. Rencananya pelayanan tersebut akan diberikan pada hari Minggu.“Kita sedang mematangkan konsepnya. Bila nanti kalau sudah siap akan kami laksanakan,” katanya, Jumat (20/1/2017).

Ia menjelaskan, penerapan kebijakan pelayanan di hari libur ini guna meningkatkan partisipasi warga dalam hal tertib dalam beradiminsistrasi kependudukan, khususnya yang berkaitan dengan perekaman KTP Elektronik. Dengan kebijakan ini, warga yang bekerja di luar daerah bisa memanfaatkan jam buka pada hari libur untuk melakukan kepengurusan administrasi kependudukan yang kami sediakan. “Semua kita layani, mulai dari perekaman E-KTP, kartu keluarga hingga akta kelahiran dan akta kematian,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, dengan tambahan jam pelayanan harapannya warga akan semakin antusias sehingga upaya tertib administrasi bisa dilakukan. meski tingkat kesadaran warga semakin tinggi, namun masih butuh ditingkatkan lagi. Pasalnya dengan perekaman KTP elektronik, hingga sekarang masih ada seluruh warga yang  belum melakukan perekaman. “Baru mencapai 97 persen, dan di tahun ini bisa bertambah menjadi 98 persen dari total seluruh penduduk yang wajib memiliki E-KTP,”tambahnya. (Heri)

Related Post