Hari Pertaman PPDB Online SMP Sebagian Alami Gangguan Internet

62 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul melakukan pantauan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018/2019 melalui teleconfrens.

Sedikitnya ada empat sekolah yang dilakukan pantauan melalui teleconfrens. Kelima sekolah tersebut diantaranya SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Playen, SMP N 1 Karangmojo, dan SMP N 1 Ponjong.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan ini merupakan hari pertama pelaksanaan PPDB SMP secara online. Di Gunungkidul sendiri ada 141 SMP/MTs.

“Kami melakukan pantauan secara langsung di empat sekolah melalui teleconfrens,” katanya kepada wartawan, Rabu (4/7/2018).

Dia menuturkan, hasil pantauan yang dilakukan ada terdapat hampir wilayah mengalami kendala sambungan internet.

Untuk PPDB dimulai Rabu (4/7/2018) sampai Jumat (6/7/2018) yang bisa dilakukan secara online aman. Siswa cukup memasukkan NISN siswa akan langsung terhubung dengan 5 sekolah negeri dan diperbolehkan memilih 2 sekolah negeri.

Pihaknya sudah melakukan sosialiasai kepada pihak sekolah.

Diakui Bahron hari pertama PPDB SMP/MTS di Gunungkidul sebagian besar gagal karena masalah internet. Sebagian besar tidak bisa menyelesaikan mengisi formulir pendaftaran secara online.

“Seluruh Gunungkidul bermasalah. Saat uji coba lancar tetapi saat pelaksanaan bermasalah. Ini karena bandwidth (Kecepatan Internet) tidak stabil, sekurug gunungkidul,” ungkapnya.

Disdikpora sendiri melakukan koordinasi dengan telkom dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait masalah ini. Kedepan jika masih ada masalah, nanti akan dilakukan input secara manual oleh petugas sekolah. Sehingga orang tua siswa diharapkan tetap tenang.

“Insya Allah Nanti malam akan dikerjakan, saat ini sedang dilakukan perbaikan,” pungkas Bahron. (Bayu)

Related Post