Hasil Operasi Zebra, Ribuan Pelanggar Kena Tilang

221 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Selama Operasi Zebra 2017 yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, mulai tanggal 1 November sampai dengan 14 November 2017, Polres Gunungkidul telah menindak pelanggaran lalu lintas sebanyak 2.838 pelanggar.

“Dari 2.838 pelanggar yang ditindak, 2.360 kami tindak dengan menggunakan E Tilang, sedangkan sisanya 478 dengan teguran tertulis,” jelas Kasat Lantas Polres Gunungkidul selaku Kasatgas Gakum AKP Mega Tetuko, S.I.K.

Lebih lanjut Mega Tetuko menjelaskan, dari 2.838 pelanggaran, yang paling dominan adalah pelanggaran surat-surat kendaraan yakni 1.058 pelanggaran. 

“Selanjutnya pelanggaran yang masih banyak kita temui yaitu pengendara tidak menyalakan lampu utama disiang hari maupun malam hari. Selama oprasi zebra kali ini kami mencatat sebanyak 825 pelanggaran, ” tambahnya.

 

Pelanggaran dominan ke-tiga adalah pengendara tidak mengenakan helm. Polisi telah mencatat sebanyak 197 pelanggar. Sedangkan untuk pelanggaran kelengkapan kendaraan, Polisi mencatat sebanyak 184 pelanggaran.

“Untuk pengendara mobil kita mencatat  ada 24 pelanggar karena tidak menggunakan safety belt,” ucapnya.

 

Sedangkan untuk status pelaku pelanggaran, swasta tercatat paling banyak yakni 1.201 pelanggar.  Selebihnya adalah, Pelajar, PNS dan pengendara umum.

AKP Mega Tetuko, S.I.K, mengharapkan,dengan selesainya Operasi Zebra Progo 2017 ini, pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas dapat berkurang.

“Semoga kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas meningkat dan perayaan natal dan tahun baru 2018 mendatang dalam situasi aman dan kondusif,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post