Hasil Panen Turun, Harga Cabai Meroket

152 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Harga cabai dipasaran yang akhir-akhir ini mengalami kenaikan ternyata dipengaruhi oleh turunnya hasil panen dari petani cabai.

Pada ada saat sebelum Lebaran harga cabai dipasaran sempat mengalami turun.

Di Wonosari sendiri banyak petani yang beralih profesi dari menanam cabai beralih menanam bawang merah. Sehingga hasil panen cabai dari pentani menurun.

Salah satu petani cabai, Sugiyarti warga Karanggumuk, Desa Karangrejek mengatakan bahwa hasil panen cabai saat ini memang mengalami penurunan.

“Dibandingkan sebelumnya, hasil panen cabai sekarang menurun. Belum merah saja sudah ada yang rontok, maka saya memilih untuk memanen cabai selagi masih hijau.” jelasnya saat ditemui Gununungkidulpost.com.

Menurutnya, saat ini hasil panen cabai rawit hijau dari petani dihargai Rp 24.000/kg lebih mahal dari pada sebelumnya. Namun jika dibanding harga dipasaran jauh lebih tinggi hingga mencapai Rp 30.000 – Rp 35.000/kg.

“Sekarang harganya baru tinggi daripada sebelumnya, sebelum Lebaran itu Rp 18.000/kg lalu naik menjadi Rp 20.000/kg terus naik lagi sekarang Rp 24.000/kg. Tetapi kalau dipasar mungkin lebih tinggi lagi,” katanya.

Sugiarti mengharap, agar bantuan dari pemerintah untuk pertanian didapatkan seperti tahun sebelumnya yakin berupa bibut dan pupuk.

“Berharap sekali agar mendapat bantuan dari pemerintah seperti tahun kemarin kelompok tani kita mendapatakn bantuan bibit dan pupuk.” ucapnya disela-sela memanen cabai. (Falentina)

Related Post