Hasil Tangkapan Buruk, Nelayan Harus Kerja Keras

339 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Guna meningkatkan produksi ikan,  Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul mengajak nelayan untuk berani melaut lebih dari sehari. 
Hal itu dinilai sangat efektif untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan.

Kepala DKP Gunungkidul Agus Priyanto mengatakan, potensi perikanan di laut selatan Gunungkidul masih melimpah. Namun untuk target tahun 2017 pihaknya menargetkan 4925 ton yang dihasilkan nelayan. Sementara untuk perikanan budidaya 210 ton.

“Potensi perikanan disini itu luar biasa, dan memang nelayan kita memiliki keterbatasan untuk memaksimalkan potensi tersebut,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya, ada berbagai permasalahan atau hambatan nelayan dalam mengambil ikan di laut, selain faktor cuaca yang buruk, masalah budaya nelayan pun yang masih mematok setiap hari harus pulang. Padahal jika mau lebih lama melaut dipastikan akan lebih banyak hasil yang diperoleh.

“Kelemahan nelayan yakni melaut maksimal hanya sehari, sehingga hasilnya belum maksimal. Coba kalau sehari bisa dua kali tangkapan kan hasilnya akan meningkat,” bebernya.

Agus mengatakan, pihaknya terus berupaya mensosialisasikan kepada nelayan agar mau menggunakan kapal lebih besar dan bisa melaut lebih dari sehari. Pihaknya pun rutin melakukan sosialisasi serta mengajak nelayan mengunjungi cilacap dan tegal untuk pelatihan menangkap ikan lebih dari sehari.

“Memang diperlukan waktu untuk mewujudkan among tani dagang layar,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Nelayan Sadeng, Sarpan mengatakan beberapa nelayan yang nekat melaut malah mengalami kerugian karena nekad melaut dalam cuaca buruk. Sebab, dengan menggunakan kapal lebih dari 10 GT para nelayan harus mengeluarkan biaya besar. Pemeilik kapal minimal harus mengeluarkan puluhan juta untuk sekali melaut untuk kapal 30 GT.

“Kemarin dua kapal itu melaut dua hari hasilnya minim dihitung ruginya ada sekitar Rp 150 juta,” keluhnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post