Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Gunungkidul Belum Maksimal

188 views
image

Pelatihan Nelayan Gunungkidul. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Dalam rangka memanfaatkan potensi laut, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, menggelar pelatihan bagi nelayan. Hal itu bertujuan agar lebih maksimal dalam memperoleh hasil tangkapan ikan di kawasan pantai selatan.

Kepala DKP Gunungkidul, Khairudin mengatakan, dalam upaya meningkatkan pemanfaataan laut, pihaknya menggelar pelatihan bagi nelayan, agar lebih maksimal dalam memperoleh hasil tangkapan.

“Kami berupaya memanfaatkan laut agar maksimal, salah satu tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat di pesisir,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (12/11/2017).

Ia mengatakan potensi laut selatan sangat besar, mulai dari ikan hingga lobster. Namun saat ini, nelayan belum memanfaatkan maksimal potensi yang ada. Nelayan di Gunungkidul rata-rata berlayar hanya sehari, padahal untuk maksimal perlu beberapa hari berlayar.

“Potensi laut selatan wilayah Gunung Kidul memang melimpah, tetapi memang belum dimanfaatkan secara maksimal,” ucapnya.

Khairudin mengatakan salah satu kendala yang dihadapi ialah masyarakat pesisir belum banyak yang menjadi nelayan. Hal ini lantaran budaya masyarakat yang menilai bertani masih profesi andalan. Wilayah Gunung Kidul masih banyak nelayan yang berasal dari luar daerah.

“Nelayan kita baru ada sejak 30-an tahun yang lalu. Sedang sebelum-sebelumnya hanya menjadi petani,” bebernya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post