Hati-Hati, 6 Titik Longsor Jalur Jogja-Wonosari Ancam Pengguna Jalan

543 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sedikitnya ada enam titik rawan bencana tanah longsor terdapat di jalur Wonosari-Jogja. Jalur-jalur tersebut berada di antara tebing-tebing dengan kondisi tanah amat labil, sehingga berpotensi longsor jika sewaktu-waktu turun hujan deras. 

Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan ada enam titik rawan longsor diantaranya, jalan Kalipentung, Pedotan, Putat, Watuondo, Bunder, Ngasemayu kecamatan Patuk dan jalan Sitimulyo, Piyungan, Bantul. 

“Untuk itu jika sewaktu-waktu curah hujan tinggi, petugas disiagakan di jalur enam titik tersebut guna mengantisipasi terjadinya longsor,” katanya, Senin (12/12/2016).

Ngadino menjelaskan, disamping itu, petugas juga akan langsung merespon informasi dari masyarakat jika terjadi bencana longsor. Mengingat citra Kepolisian sebagai mitra untuk selalu siap melayani masyarakat. 

“Termasuk juga melakukan pencegahan, antisipasi terjadinya bencana alam dan hal yang berkaitan dengan masyarakat,” ujarnya.

Ngadino menghimbau, bagi para pengguna jalan yang melintas di enam titik jalur rawan longsor itu agar lebih berhati-hati. Sebab longsor tersebut, bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

“Jalan itu kondisinya berada diperbukitan serta dibawah tebing yang bisa setiap saat longsor jika intensitas hujan tinggi. Sebagai penanganannya kami juga berkoordinasi dengan Polres Bantul,” pungkasnya. (Nena)

Related Post