Heboh, Tanaman Menyerupai Bunga Rafflesia Tumbuh di Pekarangan Warga

image

Salah satu bunga yang mirip bunga Rafflesia Arnoldi jadi tontonan warga (Foto: Heri)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan bunga mirip Bunga Bangkai (Rafflesia Arnoldi) tumbuh di pekarangan warga Dusun Glodogan, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari. Munculnya bunga tersebut berwarna merah marun yang berdiameter sekitar 30 sentimeter sampai dengan 40 sentimeter itu pun sempat menghebohkan warga setempat.

Informasi yang dihimpun, bunga tersebut tumbuh di pekarangan milik Sukadi (58) belum lama ini. Pertama kali ditemukan oleh Anaknya yakni, Itsa Muryadani (26).

Itsa menceritakan, awalnya dirinya hendak membersihkan pekarangan rumahnya. Tiba-tiba menemukan sebuah tunas bunga yang cukup besar. Karena penasaran, ia tidak memangkasnya dan membiarkan saja tunas itu.

“Awalnya saya lihat hanya tunas bunga yang masih kuncup, mirip bunga kantil. Namun lama-kelamaan tunas tumbuh besar dan mekar sempurna mirip bunga bangkai. Namun, aromanya tidak sedap layaknya bunga bangkai,“ ujar Itsa, Senin (9/10/2017).

Ia pun membiarkan bunga itu tumbuh dipekarangan rumahnya. Sejak temuannya itu, beberapa warga sekitar pun berduyun-duyun sekedar melihat atau memotrenya menggunakan kamera ponsel. Kebanyakan mereka penasaran karena bentuk bunga itu sangat mirip dengan Bunga Bangkai yang tumbuh di Bengkulu, Sumatera.

Menurutnya bunga serupa pernah tumbuh di pekarangannya beberapa tahun silam. Ia menyebut bunga itu dengan bunga Suweg. Bunga ini biasanya tumbuh pada musim pancaroba dengan ukuran yang lebih kecil.

“Beberapa tahun lalu juga tumbuh, namun tak sebanyak ini dan ukuran juga lebih besar, jadi ya seperti mirip dengan bunga bangkai,“ pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post