Hiasi Dinding Dikampung Batik

31 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dalam rangka pengenalan seni batik kepada masyarakat, seniman lokal asal Dusun Kepek 1, Desa Kepek, Kecamatan Wonosari bekerja sama dengan seniman Jogja menggelar kegiatan mural ditembok samping jalan menuju kampung.

Seniman asal Kepek 1, Guntur Susilo mengatakan mulai tahun 2010 dirinya mulai memperkenalkan seni batik kepada masyarakat. Hal itu membuatkannya berkeinginan untuk menunjukkan inovasi dan edukasi terhadap bati dikalangan umum dengan cara mural.

“Ini mencoba mengenalkan batik, agar dapat lebih mudah dikenal masyarakat. Dengan tema digital teknologi dan batik, teman-teman [seniman] menuangkan idenya di tembok samping jalan menuju kampung,” ujarnya Rabu (4/7/2018).

Ia mengatakan seniman-seniman dibebaskan berkarya sesuai ide dan kreativitas masing-masing, dengan tetap mengandung unsur batik.

“Setiap seniman biasanya punya karakter sendiri,” ucapnya.

Ia mengatakan kedepan Dusun Kepek 1 akan ditata menjadi kampung batik, dimana setiap rumah akan digambar dengan motif batik dan membuka gerai penjualan batik dimina sifatnya kolektif. Dia mengatakan ibu-ibu pembatik saat ini sudah ada 20an.

“Impian ini sudah lama, kami wujudkan nanti pas hari batik 2 Oktober, ruang tamu jadi showroom. Saya juga sudah buat batik khas manding kepek. Wisatawan juga sudah tahu, wisatawan luar juga dari Rusia belajar dari sini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua RT 1 Eko Mambang Nugraha mendukung dengan adanya anak-anak muda yang turut melestarikan batik dengan caranya masing-masing.

Terkait pengelolaan batik ia mengatakan dikelola oleh masyarakat desa, bersifat kolektif nantinya keuntungan aka nada pembagian, dan sudah diatur. Setiap rumah juga dapat memberi nama sendiri showroom batik miliknya.

“Harapannya dengan ini kedepan semakin dapat ditingkatkan usaha batik untuk mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya di Rt 01 Dusun Kepak 1,” tutup Eko. (Bayu)

Related Post