HNSI DIY Akan Dampingi Nelayan Gunungkidul

606 views

Foto: istimewa


​Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk memperoleh izin berlayar, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DIY akan melakukan pendampingan terhadap ratusan nelayan di Gununungkidul. 
Selain itu, HNSI juga melakukan pendampingan terhadap koperasi nelayan dan  kelompok nelayan untuk mendapatkan izin melaut baik Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI).
Ketua HNSI DIY KPH Wironegoro mengatakan, Selain itu melakukan pendampingan untuk nelayan, HNSI memberikan bendera sebagai penanda kapal tersebut sudah lolos verifikasi. “Kami siap melakukan pendampingan bagi para nelayan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (6/2/2017).
Wironegoro mengatakan, dengan adanya pendampingan bagi nelayan, bisa mewujudkan keinginan Pemerintah DIY, mewujudkan selatan sebagai halaman depan. Bahkan diharapkan ke depan DIY menjadi halaman depan untuk pulau jawa. “Ini harapan untuk mewujudkan among tani dagang layar,” ujarnya.
Sementara Ketua HSNI cabang gunungkidul Rujimanto mengatakan saat ini khusus di Sadeng, Girisubo terdapat 52 kapal nelayan baik diatas 30 GT maupun dibawah 10 GT atau dikenal dengan nama sekoci. 

Ia berharap dengan adanya pendampingan tersebut nelayan bisa meningkatkan produktifitas “Selama ini sebanyak 47 sudah memiliki izin dan 5 dalam proses. Harapan kami kedepan bisa mencari rezeki di laut bisa semakin baik,” ucapnya. (Bayu)

Related Post