Hore….Dana Anggaran Untuk Partai Politik Akan Naik

image

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang menyusun revisi PP Nomor 5/2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Parpol. Revisi PP tersebut mengatur kenaikan dana bantuan parpol.

Pemerintah menargetkan revisi tersebut masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017.

“Isu tentang kenaikan memang ada, tapi untuk kepastian masih harus menunggu karena hingga sekarang belum ada aturan tentang hal tersebut, jadi untuk tahun ini masih sama seperti tahun lalu,” kata Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Gunungkidul Arkham Mashudi, Kamis (12/7/2017).

Untuk persuara pemerintah menganggarkan Rp 2500, Dana yang disediakan untuk 9 parpol yang saat ini duduk di DPRD Gunungkidul sebesar Rp1,08 miliar pertahunnya.

Untuk penggunaanya tahun ini lebih mudah sebab Peraturan Menteri Dalam Negeri No.6/2017 tentang Perubahan Atas Permendagri No.77/2014 tentang Pedoman Tata Cara Penghitungan, Penganggaran Dalam APBD, Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

“Pertauran lama, pemanfaatan bantuan harus dilakukan secara langsung ke masyarakat. Namun dengan perubahan aturan, maka partai boleh melakukan sosialisasi pendidikan politik dengan jalan mengumpulkan kader-kader yang dimiliki,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post