Hujan Deras Sebabkan Lima Titik Di Gunungkidul Longsor

165 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hujan deras yang mengguyur Minggu (11/2/2018) siang hingga sore menyebabkan lima wilayah di Gunungkidul longsor.

Meski tak menimbulkan korban jiwa, tapi longsor tersebut membuat warga cemas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, lima wilayah yang mengalami longsor tersebut adalah di wilayah Boyo RT02/RW, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Putat II, RT03/RW09 Desa Putat, Kecamatan Patuk. Branjang, Ngawis, Kecamatan Karangmojo. Jembatan Sokoliman, Kecamatan Karangmojo. Dan Gentungan Karangmojo.

“Yang sudah kami lakukan rekap ada lima titik di wilayah di Gunungkidul,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (12/2/2018).

Dikatakan, penanganan longsor akibat hujan kemarin masih ditalangi oleh pihak petugas gabungan. Saat ini telah dilakukan evakuasi di titik penanganan.

Menurut Edy, potensi longsor seperti saat ini masih akan terjadi jika intensitas hujan cukup tinggi dan lama. Wilayah yang potensial berada di pinggir bantaran sungai terutama di talud -talud dan diwilayah perbuktitan.

“Potensi longsor diprediksi masih akan terjadi untuk itu kami menghimbau kepada semua warga setempat untuk selalu waspada,” papar Edy.

Sementara itu, Salah Seorang Staf Data Dan Informasi BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan mengaku, intensitas hujan di wilayah Kabupaten Gunungkidul masih tinggi. Kondisi seperti ini diprediksi masih akan terjadi hingga bulan Maret mendatang.

“Himbauan kami supaya warga yang berada di wilayah rawan longsor untuk terus waspada hingga bulan depan,” tutupnya. (Bayu)

Related Post