Hujan Disertai Angin, Pohon Besar Tumbang Hampir Menimpa Pengendara

545 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Gunungkidul menyebabkan pohon Kesambi ambruk pada Kamis (16/11/2017) Sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, Namun arus listrik dikawasan Karangmojo dan sekitarnya sempat padam.

Susanto, salah satu anggota TRC BPBD Gunungkidul ketika dikonfirmasi disela evakuasi pohon yang ambruk ini menjelaskan, peristiwa ini berawal saat hujan dan disertai angin.

“Hujannya tidak terlalu deras dan anginnya juga tidak terlalu kencang, namun karena akar pohon sebagian sudah lapuk sehingga langsung ambruk,” jelasnya.

Meski lokasi kejadian setiap harinya padat arus lalu lintas, namun saat kejadian kebetulan sepi.

“Ketika pohon ambruk suasana jalan sedang sepi, padahal posisi ambruknya pohon melintang dijalan,” tambahnya.

Dengan kejadian ini pohon Kesambi berdiameter 2 meter tersebut melintang dijalan dan segera disingkirkan bersama warga dibantu petugas Polsek dan puluhan warga setempat. Cepatnya penanganan arus lalu lintas yang sempat macet total hampir 1,5 jam, kembali normal.

Terpisah, Kspk Polsek Karangmojo, Aiptu Sumarno menambahkan, dengan kejadian ini mendorong pihaknya untuk melakukan himbauan kepada warga dan meningkatkan kewaspadaan terutama pohon yang rawan tumbang.

“Tingkatkan waspada, untuk menebang atau dikurangi dahan dan rantingnya, sehingga mengurangi resiko ambruk jika ada angin kencang,”katanya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post