Hujan Mengguyur Gunungkidul, Droping Air Masih Terus Berlanjut

26 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Meski hujan telah mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Gunungkidul namun kondisi air belum bisa dimanfaatkan oleh warga terdampak kekeringan.

Hal itu seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gunungkidul, Edy Basuki, Selasa (6/11/2018). Menurut dia, pada saat awal musim penghujan biasanya masih dimanfaatkan warga untuk membersihkan penampungan air yang dimiliki warga.

“Biasanya sampai satu minggu lebih diawal hujan ini belum bisa dimanfaatkan oleh warga, karena masih untuk membersihkan penampungan, atap-atapnya,” kata Edy, Selasa (6/11/2018).

Berangkat dari hal itu dan melihat kondisi anggaran kekeringan yang sudah habis, dana tidak terduga akan segera dikeluarkan untuk membantu anggaran drooping air bersih.

“Kami tetap akan mengeluarkan anggaran tidak terduga untuk mendroping air,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah, juga membenarkan akan segera mengeluarkan dana tidak terduga untuk mengatasi kekeringan tersebut. Salah satu daerah yang menjadi langganan kekeringan setiap tahunya, saat musim kemarau, yaitu Kecamatan Girisubo juga sudah mulai hujan.

“Sudah mau kita keluarkan, mengingat kemarin belum ada tanda-tanda hujan. Kalaupun sudah datang hujan hari ini, itu belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujar Badingah.

Terpisah, Camat Tanjungsari, Rahmadian mengatakan saat ini anggaran tangki yang ada yaitu 125 tangki telah habis. Dia berharap meski sudah turun hujan kegiatan droping air terus dapat dilakukan mengingat awal musim hujan ini warga belum memanfaatkan secara maksimal.

“Kemarau memang sangat panjang tahun ini, biasanya sisa dari anggaran yang ada. Sudah komunikasi dengan pihak BPBD Gunungkidul, ada pihak swasta juga yang membantu ya kami terima,” ucapnya. (Bayu)

Related Post