Hujan Tak Kunjung Datang, Hasil Tangkapan Ikan Berkurang

40 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Hujan yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang. Hal itu membuat kalangan para nelayan harus memutar otak lantaran minimnya hasil tangkapan ikan.

Pada awal musim penghujan, para nelayan dapat panen ikan cukup banyak.

Hal itu seperti diungkapkan Sungkono, seorang nelayan Pantai Ngrenehan. Dia mengatakan, para nelayan kebanyakan mencari ikan hingga Pantai Baru Bantul yang jaraknya cukup jauh dari Pantai Ngrenehan.

“Awal musim hujan itu biasanya panen ikan, tetapi kemarin hanya hujan sebentar dan sekarang belum hujan lagi. Dua hari lalu ada yang dapat bawal sebanyak 50 Kilogram,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Tidak hanya ikan saja yang sulit untuk dicari tetapi juga komoditas laut lainnya seperti lobster yang saat ini belum juga menunjukkan tanda-tanda akan panen.

“Lobster juga masih sulit didapat. Untuk kesulitan mencarinya memang sulit mencari lobster karena lobster sembunyi pada karang sehingga kami para nelayan harus melawan arus ombak,” ucapnya.

Walaupun belum musim ikan dirinya tetap melaut, ia biasanya melaut pada pukul 15.00 untuk memasang jaring yang digunakan untuk mencari lobster lalu pada jam 6 pagi keesokan harinya dirinya bersama teman nelayan melaut kembali untuk mengambil jaringnya.

Sementara itu Nelayan lainnya, Ramto
mengungkapkan hal yang sama bahwa hujan yang tak kunjung turun membuat nelayan kesulitan mencari ikan.

Ia mengatakan untuk sekarang ini dirinya tidak pasti mendapatkan ikan kadang hanya mendapatkan sedikit atau malah tidak mendapat sama ikan sama sekali.

“Ini saja cuma dapat beberapa ekor, tadi melaut hingga pantai baru kalau cari disini sulit mendapatkan ikan,” tutupnya. (Falentina)

Related Post