Ini Alasan Utama Baron Art Festival Digelar

162 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Dinas Kabudayaan Kabupaten Gunungkidul bersama dengan warga setempat menggelar upacara adat Baron Art Festival yang berlangsung di Kompleks Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari, Jumat (30/8/2019).

Acara yang dikemas dengan pagelaran kelompok seni di Gunungkidul ini akan berlangsung hingga Minggu (1/9/2019).

Dalam pembukaan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Immawan Wahyudi dan dihadiri oleh Ketua DPRD Endah Subektikuntariningsih, Kepala OPD, Forkompimca, dan tamu undangan.

Camat Tanjungsari, Rahmadian Wijanarko mengatakan, selain untuk meningkatkan pariwisata kegiatan ini digelar dalam rangka melestarikan budaya warisan nenek moyang.

“Dalam acara ini menampilkan Srandul, Lethek Ogleng, Rinding Gumbeng, Ketoprak, Shalawat Jawa, dan Tayub,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelestarian Budaya, Agus Mantaran mengatakan acara labuhan tidak hanya digelar di Pantai Baron, namun juga dilaksanakan di Pantai Kukup, dan Drini.

Selain itu, acara ini juga dalam rangka meningkatkan pariwisata di Kecamatan Tanjungsari dan dalam rangka melestarikan budaya warisan nenek moyang.

“Sebetulnya acara ini bertakjub Labuhan Pantai Baron, namun supaya nge-hits kita ganti dengan Baron Art Festival,” ujarnya.

Menurut Agus, acara ini telah didanai menggunakan dana keistimewaan (Danis) tahun 2019. Disinggung besarannya anggaran yang terkucur, Agus Mantara enggan berkomentar banyak.

“Yang pasti ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata agara minat wisatawan meningkat. Dan memang masih banyak Kompol seni yang belum tercover oleh Danais. Akan tetapi kami usahakan untuk tahun anggaran 2020 mendatang,” jelasnya.

Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi mengaku mendukung penuh kegaiatan Baron Art Festival. Menurut Immawan, konsep kegiatan ini yakni melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Namun dengan digelarnya acara ini dikawasan pantai memiliki tujuan pula untuk meningkatkan pariwisata dibumi Handayani.

“Sangat bagus Baron Art Festival ini dan terbukti antususias pengunjung sangat tinggi. Semoga berdampak baik untuk perkembangan wisata kedepannya,” imbuh Immawan.

Ia berharap, kegiatan ini akan digelar secara berkesinambungan sehingga akan menimbulkan mulitiplayerefek bagi perkembangan seni budaya dan juga periwisata.

“Kami harap akan terus dilaksanakan secara bertahap sehingga terus lestari,” tutupnya. (Bayu)

Related Post