Ini Harga Terbaru Tarif PDAM

208 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Isnawan Fibriyanto mengatakan keputusan menaikkan tarif dasar air sudah dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati.

Pertimbangan menaikan tarif dasar air tidak lepas dari beban biaya operasional yang dikeluarkan PDAM, khususnya untuk membayar listrik.

“Setiap bulan kami harus membayar listrik sekitar Rp2 miliar. Contohnya, di 2017 lalu kami harus mengeluarkan biaya sebesar Rp21 miliar hanya untuk membayar listrik. Kalau ditambah dengan operasional lain, maka beban yang dimiliki PDAM tambah besar,” kata Isnawan kepada wartawan, Kamis (22/2/2018).

Menurut dia, untuk kebijakan kenaikan tarif sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pelanggan. Diharapkan dengan sosialisasi ini maka masyrakat dapat paham dan tidak kaget saat tarif baru diberlakukan.

“Agar dapat efektif, kami akan terus melakukan sosialisasi ke pelanggan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Tirta Handayani Kristina menambahkan, kenaikan tarif dasar air disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No.71/2017 tentang Perhitungan Tarif Air Minum. Adapun wacana kenaikan tarif, untuk rumah tangga satu tetap tetap sama, yakni Rp 3.000 per kubik. Sedang untuk rumah tangga dua Rp4.000 dan rumah tiga sebesar Rp4.250.

Menurut dia, perhitungan kenaikan tarif sudah diperhitungkan dengan matang.

“Kami akan berusaha memberiakn pelayanan yang terbaik. Setiap ada keluhan dari pelanggan, kami siap meberikan respon dan segera melakukan penanganan,” tutupnya. (Heri)

Related Post