Ini Hasil Penelitian Uap Panas di Sampang Gedangsari

577 views
image

Petugas Sedang Mengambil Sempel Uap Panas. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Gedangsari – Balai Pengembangan dan Penelitian Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY mengambil sampel uap panas yang keluar dari tanah pekarangan warga Dusun Kayen, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari analisis awal diketahui uap panas mengandung Karbon dioksida (Co2) sebesar 1%.

Kepala BPPTKG DIY, I Gusti Made Agung Nandaka mengatakan, Tim dari BPPTKG pada Jumat (17/2) lalu  mendatangi lokasi semburan uap panas. Mereka melakukan penelitian terhadap adanya semburan yang muncul sejak Kamis (16/2).

“Tim kami mengambil sampel air dan uap untuk dibawak ke laboraturium penelitian,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Minggu (19/2/2017).

Fenomena keluarnya uap panas tersebut bukan bagain dari aktivitas vulkanik. Kendati letaknya tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, hal itu tak mempengaruhi adanya fenomena itu.

“Kemarin saya melihat foto yang dikirimkan dan informasinya kedalaman keluarnya uap hanya sekitar 15 cm, itu fenomena permukaan bukan dari aktivitas vulkanik,” ujarnya.

Made menduga keluarnya uap panas tersebut karena adanya pelapukan batuan dan keluar gas metan. Berdasarkan sejumlah peristiwa yang sama beberapa tahun lalu, menurutnya fenomena tersebut hanya akan berlangsung singkat.

“Dulu sejarahnya juga kerap terjadi fenomena seperti ini dan berlangsung singkat,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post