Ini Kronologi Diamankannya Kapal Saat Tangkap Ikan Hiu Yang Dilindungi

498 views
Suasana di pelabuhan sadeng. (Foto:Istimewa)

Suasana di pelabuhan sadeng. (Foto:Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Girisubo – Kapal KM Pelita asal cilacap yang diamankan petugas Sat.Polair Polda DIY disekitar perairan Gunungkidul ternyata menyalahi jalur penangkapan ikan yang seharusnya untuk kapal kecil, Kamis (27/10/2016). Selain itu anak buah kapal (ABK) juga nekat menangkap ikan hiu yang dilindungi.

Direktur Polair Polda DIY, Kombes Pol Endang Karnadi menjelaskan, tertangkapnya kapal tersebut bermula ketika pihaknya dan jajarannya melakukan patroli laut. Saat memasuki perairan Gunungkidul ke arah barat nampak apal dengan bobot 28 GT tersebut melakukan aktifitas 12 mill laut, seharusnya kapal sebesar tersebut tidak boleh melakukan aktifitas diatas 12 mill atau di jalur 2.

“Alat yang digunakan pun berbeda dengan izin yang dikeluarkan, seharusnya menggunakan gillnet, tetapi mereka menggunakan jenis pancing. Kami segera melakukan pemeriksaan terhadap kapal KM Pelita,”katanya, Kamis (27/10/2016).

Setelah dilakukan pemeriksaan, ungkap Endang, Sat.Polair berhasil menemukan 300 kg ikan layur dan beberapa jenis hiu yang dilindungi. Sebanyak 12 ABK kemudian digiring ke Pelabuhan Pantai Sadeng untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Dari 12 ABK dua diantaranya tidak masuk dalam dokumen kapal. Saat ini tengah diperiksa. Jika kapal besar masuk di jalur kapal kecil jelas ini merugikan nelayan lokal yang berlayar menggunakan kapal kecil, kasian,” tutupnya. (Nena)

pelabuhansadeng satpolairdiy satpolairpolresgunungkidul

Related Post