Ini Latar Belakang Pemandu Goa Pindul Yang Tewas Tenggelam



Gunungkidulpost.com – Karangmojo – Seorang pemandu wisata, Giyo (55) warga dusun Gelaran, Bejiharjo,Karangmojo yang tenggelam di Goa pindul, ternyata dikenal masyarakat setempat memiliki keahlian khusus dalam hal menyelam. Namun nahas, diduga korban alami kecelakaan ketika menyelamatkan barang pengunjung, sehingga korban mereng nyawa saat kejadian.

Ketua Pokdarwis Dewa Bejo, Subagiyo mengaku, jika korban dikenal memang ahli dalam bidang penyelaman, bahkan korban ini memiliki kelebihan dibanding pemandu yang lain. “Korban memang lebih senior dari yang lain, bahkan korban juga memiliki sertifikasi penyelemanan,” katanya, Selasa (11/10/2016).
Menurut Subagiyo, saat kejadian korban berusaha mengambil barang dari pengunjung yang jatuh ke dalam air. Merasa bertanggung jawab, korban berusaha mengambil barang itu dengan melakukan penyelaman. Akan tetapi saat kejadian diduga korban mengalami kecelakaan, sehingga tidak bisa tertolong lagi. “Saat penyelaman itu kemungkinan diluar kapasitas, namanya juha bertanggung jawab dengan para pengunjung,” pungkasnya. 
Untuk diketahui sebelumnya, salah seorang pemandu Goa Pindul, Giyo saat itubmelakukan penyelaman tanpa menggunakan alat bantu, Minggu (9/10/2016) siang. Namun, beberapa saat korban tidak muncul ke permukaan.
Selanjutnya petugas gabungan dari, SARSATLINMAS Pantai Baron, DIY dan BASARNAS melakukan evakuasi terhadap korban dengan melakukan penyelaman, tetapi sempat dihentikan karena cuaca buruk. 
Petugas gabungan saat penyelamatan harus berkutat dengan waktu. Hingga dalam kurun waktu yang cukup lama akhirnya korban berhasil ditemukan dilorong sungai bawah tanah. (Nena)

Related Post