Ini Lho Akibat Sering Menahan Pipis

347 views

Ilustrasi.net

Gunungkidulpost.com – JIKA Anda sering menahan pipis karena kebiasaan, Anda mungkin harus khawatir. Tidak hanya rasa nyeri sesaat saat Anda berlama-lama melawan sinyal buang air kecil, tapi kebiasaan ini juga bisa memicu masalah serius.

Apa efek buruk dari sering menahan kencing? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Thehealthsite.

Infeksi Saluran Kencing (ISK)

ISK adalah efek samping yang umum dari menahan kencing terlalu lama. Hal ini karena bakteri berkumpul di sekitar pembukaan uretra (saluran tempat urin keluar dari kandung kemih) yang bisa masuk bila Anda tidak cukup sering buang air, menurut Dr Anthony Komaroff, Harvard Medical School.

Kandung kemih sensitif

Sensitivitas kandung kemih seseorang berbeda-beda. Tetapi kebiasaan menahan kencing dapat membuat kandung kemih Anda jauh lebih sensitif. Sensor cenderung menjadi terlalu aktif dan membuat Anda merasa seperti kencing lebih sering dari biasanya. Itu juga adalah tanda umum dari ISK, sehingga Anda perlu mengunjungi dokter bila gejala sering timbul.

Nyeri

Dikenal secara klinis sebagai kondisi yang disebut sindrom nyeri kandung kemih. Meskipun alasan untuk timbulnya kondisi ini masih belum diketahui, beberapa ahli percaya tidak buang air kecil untuk waktu yang lama menjadi pemicunya.

Referensi : http://m.okezone.com/read/2016/08/26/481/1474060/ini-lho-akibat-sering-menahan-pipis

Related Post