Insensitas Hujan Tinggi, Waspada Berkembangnya Nyamuk

382 views

​​

Ilustrasi.net


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pasca hujan yang melanda wilayah Gunungkidul, menyebabkan menyebabkan penyebaran nyamuk pun mulai diwaspadai. Dinas Kesehatan Gunungkidul menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melakukan 3 M.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawanty, mengatakan, perkembangbiakan nyamuk dipengaruhi oleh iklim dan cuaca. Pergantian cuaca yang sudah memasuki musim penghujan pun haruslah mulai diwaspadai oleh semua pihak. Resiko penyebaran pun semakin meninggi seiring datangnya peralihan musim.

“Musim peralihan berpengaruh bagi perkembangan nyamik yang masuk di pemukiman warga. Untuk itu masyarakat kami himbau segera melaksanakan 3 M,” katanya kepada GUnungkidulpost.com, Jumat (14/10/2016).

Dewi mengatakan, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan melakukan 3M+, menguras wadah-wadah air yang berpotensi menjadi sarang nyamuk, menutup rapat semua wadah air agar nyamuk tak dapat masuk dan berkembang biak, mengubur wadah bekas berpotensi jadi sarang nyamuk, terakhir dengan memantau adanya sarang nyamuk yang berkembang.

“PSN harus dilakukan serentak seluruh masyarakat dan berkala. Maysarakat diharap segera memeriksakan diri jika sakit, dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat,” tutur Dewi.

Sementara itu, Pengurus PKK Desa Jepitu, Tina mengatakan, melalui kelompok masyarakat ibu – ibu PKK, pihaknya sudah melakukan sosialisasi tentang penitingnya menguras wadah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Dia pun telah melakukan kerjabakti masal di berbagai kandang hewan ternak untuk mencegah terjadinya perkembangbiakan nyamuk. 

“Kami telah mengajak warga untuk kerjabakti membersihkan kandang hewan secara masal,” paparnya. (Bayu)

Related Post