Isi Kekosongan Perangkat, Empat Desa Harus Menunggu Hingga Tahun 2018

409 views

ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Memasuki akhir tahun 2016 nanti, sebanyak empat desa di Gunungkidul kosong tanpa kepala desa. Pasalnya kekosongan tersebut lantaran masa tugasnya berakhir dan mengundurkan diri.

Kepala Sub Bagian Administrasi dan Perangkat Pemerintah Desa, Aris Pambudi mengatakan, kekosongan tersebut tidak hanya karena masa tugas kades berakhir, namun satu desa yaitu Siraman kekosongan karena kades yang bersangkutan telah mengundurkan diri dengan alasan kesehatan.

“Jadi ada 4 desa meliputi, Desa Ngunut, Kepek Saptosari, Baleharjo, dan Siraman yang akan mengalami kekosongan hingga akhir tahun ini,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

 Menurut dia, nantinya kekosongan akan diisi oleh Penjabat sementara kepala desa. Sambil menunggu pelaksanaan pilkades serentak di tahun 2018 mendatang.

“Sesuai dengan undang-undang, pemilihan harus dilakukan secara serentak. Sehingga untuk 4 desa ini haru menunggu pelaksanaan pilkades di 2018 mendatang,” jelasnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan pilkades serentak nantinya akan diikuti 29 desa yang terdiri dari 4 desa tersebut dan 25 yang kadesnya purna di tahun 2017 dan 2018.

“Pilkades 2018 mendatang akan diikuti 29 desa yang memiliki kekosongan kepala desa,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post