Izin Belum Lengkap, Perusahaan Dilarang Operasi

171 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Adanya temuan perusahaan yang belum mengantongi izin secara lengkap membuat kalangan Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Gunungkidul angkat bicara.

Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul, Sugito menyambut baik investor yang menanam modal di Gunungkidul, namun tetap harus mengikuti peraturan dan prosedur yang ada.

Hal ini menyoal pembangunan peternakan PT. Widodo Makmur Unggas (WMU) di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu yang belum memiliki dokumen Amdal.

“Saya sangat setuju kalau banyak investor tapi jangan sampai bertentangan dengan aturan yang ada seperti pengurusan izin,” kata Sugito, Senin (17/9/2018).

Sugito menuturkan, pemkab harus tegas untuk mendorong yang bersangkutan segera mengurus berkas perizinan. Jangan sampai terjadi pelanggaran prosedur, yang dikhawatirkan merugikan banyak pihak.

“Pemkab harus jeli jangan sampai terjadi polemik. Apalagi sumber daya alam disekitar juga harus dikelola sebaik-baiknya,” ujar dia.

Sementara itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aris Suryanto mengatakan dalih investasi tapi melonggarkan aturan justru akan merugikan investor.

Maka dari itu terkait pembangunan PT. WMU yang terus berjalan tapi izin belum ada, Aris menyarankan untuk dihentikan terlebih dahulu. Dia ingin agar perusahaan peternakan ayam tersebut segera mengurus izin hingga tuntas.

“Jika perizinan belum turun tapi investor sudah terlanjur membangun dan ternyata nanti ditemukan pelanggaran maka pembangunannya akan distop, itu malah yang jadi rugi investor,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post