Jaga Netralitas, ASN Akan Diawasi Ketat

100 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Gunungkidul untuk tetap bersikap netral dalam memasuki tahun politik ini.

Mereka dilarang terlibat dalam kegiatan yang bersifat politik atau mengkampanyekan calon tertentu.

Kepala Bidang Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Gunungkidul, Edy Suseno, mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan dan kegiatan ASN supaya tidak terlibat dalam kegiatan politik apapun.

Bahkan sampai media sosial milik ASN tersebut pun ikut dalam pengawasan.

“Pengawasan hingga media sosial ini untuk memastikan para ASN agar bersikap netral,” kata Edy, Rabu (14/2/2018) kemarin.

Dia mengatakan akan ada tim khusus yang dibentuk dalam pengawasan tersebut. Setiap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun dapat melakukan tugas pengawasan tersebut.

“Kami juga meminta kepada masyarakat jika ada indikasi ASN yang melakukan gerakan politik, di kehidupan masyarakat atau sosial media, kami ingin mereka laporkan agar dapat ditindaklanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Edy, pengawasan ini dilakukan setelah pada Pilpres atau Pilkada terdahulu, masih ada ASN yang terlibat politik praktis dan dukung mendukung calon tertentu.

“Pemilu sebelumnya adanya 2 oknum ASN terlibat politik praktis serta dukung mendukung calon. Kepada yang bersangkutan telah dilakukan pemanggilan dan dilakukan klarifikasi,” paparnya.

Edy berharap, para ASN ini mampu mantaati peraturan yang berlaku sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017.

“Sanksi berat pun akan menunggu jika diketahui tidak netral, dan kami pun akan bersikap tegas,” tutup Edy. (Bayu)

Related Post