Jalan Amblas, Jalur Playen-Gading Wajib Diwaspadai

178 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Jalan yang berada di ruas Playen-Gading tepatnya di Nogosari 3, Desa Bandung, Playen, ambles.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com, Rabu (7/2/2018) amblesnya jalan tersebut terjadi sejak seminggu yang lalu dan kini kondisinya semakin parah.

Salah seorang warga, Hariyanto mengaku khawatir dengan kondisi jalan itu jika tidak segera ditangani luasan dan panjang jalan yang ambles semakin melebar. Terlebih saat ini curah hujan masih tinggi.

“Sebenarnya tidak ambles langsung sekaligus. Pada awalnya ada retakan, kemudian digerus hujan kemudian kondisinya semakin memburuk,” kata Hariyanto kepada wartawan.

Kejadian tersebut langsung ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian setempat dengan memasang police line. Langkah tersebut dilakukan mengingat kedalaman tanah amblas semakin parah dan bisa memicu terjadinya kecelakaan.

“Tanah ambles pada kedalaman sekitar 50cm dengan panjang 15m. Pemicu amblasan itu tingginya intensitas hujan. Terlebih pada malam hari,” kata Bhabinkamtibmas Desa Bandung, Brigadir Antonius.

Pihaknya pun menghimbau kepada pengguna jalan yang melintas di jalan Playen-Gading untuk waspada lantaran kondisinya mengancap pengendara kendaraan yang melintas.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPKP), Gunungkidul, Eddy Praptono mengatakan, jalur Playen-Gading merupakan jalan provinsi. Sehingga dirinya tidak bisa berbuat banyak untuk menangani amblesnya jalan Playen -Gading.

“Itu kewenangannya propinsi, kami hanya sebatas melaporkan kondisi amblesnya jalur tersebut,” paparnya. (Bayu)

Related Post