Jalur Sepi Juga Pemicu Kecelakaan

image

Foto: Doc Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tak hanya jalanan ramai saja yang menjadi lokasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, rupanya saat ini terjadi pergeseran lokasi di jalanan sepi pun juga sering terjadi laka lantas.

Kepala Unit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Kusnan, menjelaskan  tak hanya jalanan ramai saja yang menjadi lokasi laka, namun juga jalanan sepi. Hingga kini, lokasi rawan kecelakaan di dominasi di jalur-jalur utama seperti Jogja-Wonosari, Wonosari-Semin dan Wonosari-Tanjungsari.

Namun kini di jalur sepi di wilayah Tepus, Panggang dan Purwosari juga mengalami peningkatan kejadian laka.

“Kini jalanan sepi juga banyak kejadian laka lantas apalagi karena kurangnya penerangan jalan dan membuat gelap akan menjadi faktor pemicu kecelakaan dijalanan yang sepi,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (18/9/2017).

Dia mengatakan, hal ini disebabkan oleh geometris jalan yang tidak rata.
Kontur yang berbelok membuat risiko terjadinya laka lantas semakin tinggi.
Belum ditambah dengan faktor manusia. Ketika pengendara jalan tak mengenal medan tersebut, maka potensi kecelakaan akan semakin tinggi.

“Banyak jalan tidak rata di pesisir, jalan-jalan kecil yang berbelok, menanjak dan menurun lagi. Kalau tak hafal medan bisa fatal,” bebernya.

Dia menambahkan, pengendara diminta menaati rambu lalu lintas, dan memahami medan jalan yang akan dilewati, pengendara juga harus mahir dalam mengemudi kendaraan.

“Dengan menerapkan aspek keselamatan berkendara, maka resiko kecelakaan akan terhindarkan,” tutupnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post