Jalur Wisata Ke Obyek Wisata Batara Sriten Diresmikan

219 views

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Jalur sepanjang 5,1 km dari Desa Pilangrejo sampai ke Embung Batara Sriten telah selesai dibangun. Dengan selesainya jalur ini, jalur ke obyek wisata Batara Sriten yang merupakan dataran tertinggi di Gunungkidul ini sudah bisa dilalui dengan mudah dan nyaman.

Kepala Desa Pilangrejo, Sunaryo mengungkapkan, Ia sangat bersyukurnya atas dibangunnya jalan ini. Tak hanya mempermudah akses menuju obyek wisata, jalur ini mampu membuka beberapa desa yang sebelumnya terisolasi.

Dengan dibangunganya jalur ini, Sunaryo optimis jika ke depan, Desa Pilangrejo akan semakin berkembang karena akan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat. Akses jalur juga lebih mudah dan tidak begitu ekstrem seperti dulu.

Selain itu, juga akan meningkatkan sektor pertaian dan hasil hutan. Pemberian bantuan fasilitas kesehatan bagi warga Padukuhan Angkruk Sriten dan Pringombo,Desa Natah dapat lebih cepat.

“Jalur ini berhasil dibangun dalam waktu 120 hari dengan dana sebesar 6,8 miliar,” terang Sunaryo saat menghadiri peresmian jalan Pilangrejo-Sriten di Kecamatan Nglipar, Selasa (05/03/2019).

Dikatakan Sunaryo, sebenarnya pagu anggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 8 miliar dari APBD Gunungkidul. Akan tetapi ada efisiensi anggaran sekitar 27 persen, sehingga hanya menggunakan anggaran 6,8 miliar saja.

“Adapun dalam pengerjaannya dilakukan oleh DPUPRKP Gunungkidul dan terus dikoordinasikan dengan pemerintah desa dan masyarakat,” katanya.

Sunaryo menambahkan, saat ini yang masyarakat hanya butuh waktu sekitar 10 menit dari puncak Sriten munuju lereng Desa Pilangrejo. Atas pembangunan jalan ini diharapkan pengunjung jauh lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah menyampaikan wilayah yang demikian luas, jalan merupakan salah satu infrastruktur fisik yang sangat vital guna mendukung aksesibilitas masyarakat ke wilayah-wilayah yang selama ini masih sulit diakses.

“Keberadaan jalan penghubung antar wilayah juga sangat membantu proses pengembangan potensi lokal, terutama potensi di sektor pariwisata,” kata Badingah.

Dikatakan Badingah, sekarang ini program pembangunan jalan di Gunungkidul terus dilakukan dengan semaksimal mungkin, meski belum bisa dilakukan secara menyeluruh mengingat keterbatasan anggaran.

“Visi kita untuk mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata terkemuka dan berbudaya, dengan pembangunan jalan-jalan terutama menuju sentra-sentra pengembangan produk lokal maupun obyek-obyek wisata potensial yang layak,” terangnya.

Setelah dibangunnya jalan menuju Embung Batara Sriten ini, Bupati berharapkan akan memberikan kemaslahatan bagi banyak orang,terutama bagi para generasi penerus. (Santi)

Related Post