Jambret Amatir Berhasil Dilumpuhkan Polisi

766 views

Foto: Istimewa


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Satuan Reserse Kriminal Polres Gunungkidul, berhasil menangkap pelaku penjambretan yakni YD (23) warga Wiyoko Utara, Plembutan, Playen, Kamis (5/1/2017) malam.  Pelaku dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas saat akan melarikan diri.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AKP Mustijat Priyambodo mengatakan, penangkapan itu bermula adanya laporan dari masyarakat yang dibuat resah oleh aksi penjambretan dalam beberapa pekan terakhir ini. “Ciri-ciri pelaku sudah kita kantongi berdasarkan keterangan korban maupun para saksi,” katanya.


Mustijat menjelaskan, mendapatkan laporan tersebut selanjutnya dilakukan penangkapan. Namun, saat hendak ditangkap di rumahnya pelaku justru malah melarikan diri.  Mengetahui buruannya lari, petugas melepas tembakan peringatan, tetapi tak dihiraukan. “Kami sudah memberikan tembakan peringatan, namun tersangka berusaha melarikan diri. Terpaksa kita harus melumpuhkan tersangka dibagian kakinya,” urainya.


Dari tangan tersangka, kata Mustijat, barang bukti berupa satu unit seperda motor FU yang digunakan oleh tersangka, HP nokia E63 dan beberapa kartu identitas para korban yang dijambret pelaku. “Pelaku kita amankan beserta barang bukti dari hasil penjambretan yang dilakukan kepada korbannya,” jelasnya.


Mustijad menjelaskan, dari pengakuan pelaku, ia sudah melakukan aksi penjambretan di wilayah kecamatan Ponjong, Wonosari, Playen, dan desa Selang. Aksi penjambretan yang dilakukannya karena terjerat masalah ekonomi. “Pelaku melakukan penjambretan terakhir di desa Selang sekitar 2 minggu yang lalu. Biasanya pelaku mengincar korban wanita karena biasanya tidak bisa melawan,” ungkapnya.


Menurut Mustijad,  pelaku saat ini masih dilakukan penyidikan lebih lanjut oleh petugas. Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya pelaku lain dalam aksi penjambretan tersebut.“Dari pengakuan tersangka ia melakukan aksinya itu sendirian, namun kita masih kembangkan,” pungkasnya. (Heri)

Related Post