Jaminan Kesehatan Seret, KPI Buka Posko Pengaduan

223 views
image

Posko Pengaduan Jaminan Kesehatan. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Nglipar – Sejak tahun 2016 lalu, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Daerah Istimewa Yogyakarta telah membuka 4 Posko Pengaduan PIPA Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten  Gunungkidul.

Melalui posko tersebut anggota dari KPI langsung pro aktif mendata anggotanya yang belum mendapatkan kartu jaminan kesehatan.

Sekretaris Wilayah KPI DIY, Halimah Ginting menyampaikan, posko Pengaduan JKN terbuka bagi seluruh masyarakat. Empat posko tersebut sementara baru ada di Kecamatan Nglipar yang tersebar di tiga desa yakni,  Desa Pengkol ada 2 posko,  Desa Kedungpoh  1 posko, dan Desa Kedungkeris 1 posko.  

“Berdasarkan laporan, pengaduan yang masuk di 4 Posko pengaduan PIPA JKN di Cabang gunungkidul ada 419 pengaduan. Banyak diantaranya yang belum mendapatkan kartu jaminan,” jelas Halimah, Jumat,(20/10/2017) kemarin.

 

Maka, lanjut Halimah,  dalam acara Temu jejaring Multipihak JKN Cabang Gunungkidul tanggal 3 Oktober 2017 lalu,  BPJS menyampaikan aduan Posko JKN KPI Gunungkidul telah diputuskan pada tanggal 31 September 2017 dan  disetujui sebanyak 329 orang dengan rincian 38 orang PBI APBN,  291 orang PBI APBD, 38 orang ditolak karena sudah mempunyai kartu BPJS Mandiri. 

“Sedangkan aduan yang lain masih diusulkan untuk periode berikutnya.Di  tahun 2017 sendiri sudah ada 23 orang yang akan diusulkan ke Dinsos Kabupaten Gunungkidul,” tambahnya.

Berangkat dari adannya pengaduan tersebut, lanjut Halimah,  KPI Wilayah DIY bersama KPI Cabang Gunungkidul dan Pengurus Posko PIPA JKN telah mengadakan Publik Hearing dengan Dinas Sosial dan BPJS Kabupaten Gunungkidul untuk mengetahui program kerja Dinsos dan BPJS Tahun 2017.

“KPI mencoba mengklarifikasi usulan pengaduan kartu jaminan kesehatan dari Posko Pengaduan PIPA JKN yang sudah diusulkan ke Dinsos,” ucapnya.

   

Menanggapi hal tersebut, Dinsos juga telah sepakat dan meminta pengurus posko untuk menyerahkan softcopy dan copy arsip aduan yang masuk ke Posko. Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses verifikasi dan mengeluarkan kartu jaminan bagi masyarakat yang memenuhi kriteria miskin. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post