Jaringan Internet Jadi Hambatan UNBK

710 views

Ilustrasi. Net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga (Disdikpora) Gunungkidul tengah mempersiapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah menengah pertama (SMP). Selasa (17/01/2017)


Kepala Bidang SMP Disdikpora Kusmanto mengatakan, pada tahun 2016 lalu baru terdapat empat SMP yang dapat menyelenggarakan UNBK, yakni SMP N 1 Ponjong, SMP N 1 Wonosari, SMP N 1 Karangmojo, dan SMP N 1 Patuk. Upaya agar tahun ini bisa meningkat, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah Menengah Atas yang melaksanakan UNBK. 


Selain itu, pihaknya juga mengusulkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017, berupa 924 unit komputer untuk 59 SMP. “Kita akan terus meningkatkan jumlah sekolah yang memiliki komputer yang bisa digunakan untuk ujian nanti, semua sekolah juga belum memiliki sarana penunjang berbasis komputer, karena minimal ada 20 komputer,” katanya.

Ia juga menjelaskan, selain terkendala masalah alat, ada beberapa sekolah yang terkendala oleh jaringan internet.” Masih ada beberapa sekolah yang terkendala jaringan internet, terutama di daerah pinggiran,”jelasnya.

Terpisah, Kepala SMP N 1 Saptosari, Suyanta mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan 25 komputer untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun pihaknya belum mengetahui secara pasti spesifikasi komputer tersebut apakah sudah sesuai aturan apa belum. “Jika ditunjuk kami siap untuk melaksanakan UNBK,”katanya. (Heri)

Related Post