Jelang Idul Adha, Gunungkidul Siapkan 150 Ribu Ekor Sapi

57 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang hari raya Idul Adha 2018 ini, Dinas Pertanian DIY mulai melakukan pemantauan di sentra penjualan hewan kurban dan juga saat penyembelihan.

Harapannya hewan kurban tidak bermasalah dengan kesehatan.

Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan mengenai potensi sapi yang siap untuk disembelih saat hari raya pada 22 Agustus mendatang.

“Ada 80 ribuan sapi di Yogyakarta siap untuk disembelih,” katanya, Selasa, (7/8).

Sebagian besar sapi itu berasal dari Gunungkidul, sebagai salah satu wilayah sentra pengembangan sapi putih atau jenis sapi PO.

Dikatakan Sasongko, sebagian besar sapi akan disalurkan keluar Yogyakarta karena kebutuhan untuk kurban hanya sekitar 20 an ribu ekor sapi.

Dalam melakukan pemantauan, Dinas Pertanian DIY akan menggandeng tim dari fakultas kedokteran hewan UGM.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, di Gunungkidul jumlah ternak sapi baik yang usia muda maupun siap disembelih ada 150 ribu ekor. Sebagai salah satu sentra ternak, wilayah ini seringkali digunakan para pedagang dari luar daerah untuk mencari ternak kurban.

“Karena Gunungkidul belum memiliki pos pantau, untuk pemantauan kami melakukannya di pasar. Allhamdulilah sampai saat ini belum ditemukan panyakit yang berbahaya,”katanya.

Menurut dia, harga sapi ukuran sedang yang siap untuk berkurban antara 19 juta rupiah hingga 21 juta rupiah. (Santi)

Related Post