Jelang Idul Adha, Pemkab Hibahkan 15 Hewan Kurban

57 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memberikan hibah hewan kurban kepada 15 masjid di pelosok wilayah Gunungkidul.

Pelaksana Harian Kabag Kesra Setda Gunungkidul, Mohammad Arif, mengatakan kegiatan ini dalam rangka menyambut Idul Adha tahun ini pihaknya telah mengumpulkan dana dari para pegawai.

“Dari dana yang terkumpul mampu mendapatkan 15 hewan kurban berupa kambing,” katanya kepada wartawan, Senin (20/8/2018).

Dia mengatakan hewan kurban tersebut lantas diberikan kepada sejumlah masjid dengan wilayah pinggiran dan pelosok. Sebab di kawasan tersebut tingkat partisipasi masyarakat untuk berkurban rendah sehingga perlu diberi bantuan.

“Kami pilih 15 karena di daerah pinggiran,” ucap Arif.

Sementara itu, Salah satu penerima bantuan dari Masjid Al-Falah Nasri, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Martono, 40, mengaku terbantu dengan hibah hewan kurban ini. Sebab Martono mengaku tingkat partisipasi berkurban warga desanya tergolong rendah.

“Alasan karena mayoritas warga di tempat kami adalah petani dengan tingkat perekonomian yang tidak stabil,” kata dia.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun ini, Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Gunungkidul Suyoto Surya mengaku pihaknya telah mempersiapkan segalanya. Salah satunya dengan menyiapkan tempat khususnya untuk wilayah Wonosari yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Ikhlas.

Suyoto mengungkapkan untuk tahun ini pihaknya tidak menyelenggarakan acara takbir keliling. Alasannya animo masyarakat dinilai rendah.

“Tahun ini tidak ada takbir keliling. Dan pelaksanaanya hari Rabu,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post