Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban Diperketat

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul melakukan pemeriksaan hewan kurban. Setiap hewan baik sapi ataupun kambing yang hendak dikirim ke luar daerah, harus diperiksan dan dilengkapi bukti surat yang menyatakan hewan tersebut dalam kondisi sehat.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Suseno Budi mengatakan semua hewan yang masuk di pasar hewan harus melalui proses pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dijual ataupun dikirim keluar daerah.

“Melalui laboratorium yang kami miliki nanti akan dilakukan pemeriksaan, kalau tidak sehat tidak boleh keluar,” katanya, Kamis (10/8/2017).

Menurut dia, pemeriksaan sudah dilakukan di sejumlah tempat. Selain di Pasar Hewan Siyonoharjo dan Pasar Hewan Semanu, pemeriksaan juga dilakukan di sejumlah peternakan hewan.

“Kami terus akan melakukan pemeriksaan hewan baik di pasar hawan maupun di pasar tradisional. Sehingga hewan ternak yang hendak dikirim ke luar kota untuk persiapan kurban benar-benar sehat,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pedagang sapi di Pasar Siyonoharjo, Sugito mengatakan setiap sapi yang dibawa ke pasar harus melalui pos kesehatan hewan terlebih dahulu. Hal tersebut untuk memastikan bahwa sapi yang hendak diperjual-belikan dalam keadaan yang sehat.

Hasil dari pemeriksaan laboratorium tersebut nantinya akan sekaligus dijadikan surat jalan saat melakukan pengiriman hewan ke luar daerah.
Pasalnya untuk menuju daerah tujuan pengiriman, akan banyak pos pemeriksaan yang mengaharuskan setiap hewan memiliki keterangan sehat.

“Mulai banyak yang melakukan pengiriman ke luar daerah, kebanyakan pengiriman tujuan Jakarta, dan kota-kota besar di Jawa Barat dan Sumatera. Selain itu, hewan benar-benar dapat diseleksi,” imbuhnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post