Jelang Idul Adha, TPID DIY Gelar Sidak

image

(Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Menjelang hari raya Idul Adha di tahun 2017 ini, Tim Pengendali Inflasi Daerah DIY melakukan pemantauan terhadap kualitas dan ketersedian hewan kurban yang ada di Gunungkidul, Senin,(21/08/2017).

Kedatangan rombongan TPID DIY yang di pimpin oleh Dra Deden Rohkanawati dari Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Profinsi DIY di sambut oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto beserta pejabat Pemkab lainnya.

Sebelum rombongan terjun ke lapangan untuk meninjau hewan kurban dibeberapa tempat penjualan hewan kurban yang ada di Gununungkidul, Pemkab Gunungkidul sendiri telah menyampaikan kepada mereka bahwa ketersedian hewan kurban di Gunungkidul saat ini masih cukup.

“Dari enam tempat penjualan hewan kurban yang ada di Gunungkidul, untuk saat ini kita rasa masih cukup, dan tidak perlu mendatangkan hewan kurban dari luar daerah” jelas Bambang kepada Gunungkidulpost.com.

Mengenai kualitas hewan kurban, Pemkab Gunungkidul juga telah mensosialisasikan kepada takmir- takmir masjid tentang kelayakan hewan kurban dan bagaimana cara menyembelih hewan kurban yang benar.

“Hewan juga perlu kita perlakukan dengan baik, jangan asal menyembelih seperti misalnya menyembelih dengan cara gelonggongan,” bebernya.

Sementara itu, tujuan dari TPID sendiri melakukan peninjauan ini adalah untuk memastikan ketersediaan hewan kurban benar – benar cukup hingga saatnya Idul Adha nanti.

“Kita juga akan periksa kelayakan hewan kurban dengan cara memeriksa kesehatan hewan kurban itu sendiri,” jelas Deden.

Lebih lanjut Deden menuturkan bahwa, dengan ketersediaan hewan kurban tentu akan berpengaruh terhadap harga dipasaran.

” Harga akan cenderung stabil dan tidak akan mengalami kenaikan yang terlalu signifikan dengan tercukupinya hewan kurban di Gunungkidul ini,” tambahnya.

Diharapkan kedepannya di Gunungkidul mempunyai Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sendiri yang di atur dalam Perda sehingga hewan benar – benar terjamin kualitas dan kebersihannya.

“Kalau Gunungkidul sudah memiliki RPH tentu akan lebih mudah bagi pemerintah untuk memantau penyembelihan hewan kurban itu sendiri,” ujarnya.

Deden juga menyampaikan bahwa TPID DIY juga akan menambah jumlah petugas yang akan mengawasi semua hal- hal yang kaitannya tentang ketersediaan dan kulitas hewan kurban. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post