Jelang Idul Fitri, Warga Gunungkidul Sulit Temukan Gas Melon

14 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Kabupaten Gunungkidul kesulitan membeli elpiji 3 kilogram.

Para pengecer hanya bisa memajang tabung kosong di tokonya, karena kesulitan mendapatkan barang dari pangkalan. Sedangkan pemilik warung, kesulitan mencari elpiji 3 kilogram.

Menjelang Lebaran, masyarakat Kabupaten Gunungkidul dipusingkan dengan langkanya elpiji 3 kilogram. Bahan bakar gas yang dijuluki tabung melon ini, menghilang di pasaran.

Para pengecer hanya bisa memasang tulisan untuk memberitahu pembeli, jika tabung yang dipajang tak ada isinya. Sedangkan elpiji 12 kilogram, stoknya relatif stabil.

“Kelangkaan elpiji 3 kilogram, mulai terjadi sejak tiga hari terakhir. Penyebabnya, mungkin karena tingginya permintaan masyarakat menjelang Lebaran. Sedangkan stok elpiji 12 kilogram, pasokannya tetap,” kata Bambang pengecer elpiji 3 kilogram, Senin (11/6/2018).

Langkanya elpiji 3 kilogram membuat khawatir pemilik warung makan. Tabung melon senilai Rp 20 ribu menjadi bagian penting, dalam pekerjaannya. Sejak dua hari terakhir, mereka kesulitan mendapatkan elpiji 3 kilogram.

“Dua hari ini sulit sekali mendapatkan gas melon. Saya harus mencari dibeberapa warung/pengecer namun kebanyakan stok habis,” ucap salah seorang pengusaha warung makan di Wonosari, Ika Wahyuningsih.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab kelangkaan elpiji, yang meresahkan masyarakat Gunungkidul. Masyarakat ekonomi lemah, hanya bisa berharap supaya pasokan elpiji 3 kilogram, kembali stabil.

“Harapan kami selama perayaan Idul Fitri stok gas melon aman itu saja,” tandas Ika.

Hal yang sama dialami oleh warga Karangmojo, Iwan Santosa pihaknya harus mencari hingga kelima warung pengecer gas melon. Dia kawatir selama libur lebaran justru akan diperparah dengan adanya kelangkaan gas yang dapat meresahkan warga.

“Semua warga banyak yang membutuhkan apalagi para pemudik juga banyak yang pulang kampung, jangan sampai gas melon malah menghilang dipasaran,” pungkasnya. (G1)

Related Post