Jelang Imlek, Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mendekati perayaan Imlek, harga kebutuhan pokok dinilai tidak ada kenaikan begitu berarti.

Kepala Seksi Distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan kenaikan terjadi pada cabai rawit, dan bawang putih, kenaikan cukup signifikan.

“Secara umum sampai saat ini belum begitu mempengaruhi dari perayaan Imlek, tapi untuk besok-besok belum tahu. Kalau naik hanya pengaruh cuaca, jadi tanaman rusak dan ada hama juga,” ujarnya, Selasa (13/2/2018).

Dia mengatakan untuk beras, persediaan dinilai sudah mulai banyak baik beras premium maupun medium, namun untuk harga diakuinya masih tinggi. Dia mengatakan kemungkinan akan memasuki masa panen akhir Februari ini.

Sementara itu untuk harga daging ayam masih fluktuatif. Persediaan daging ayam juga dinilai sudah mulai banyak, karena saat ini kandang-kandang mulai terisi. Sigit mengatakan beberapa waktu yang lalu kondisi peternakan memang sedikit terganggu, karena pengaruh cuaca.

Salah satu pedagang di Pasar Argosari mengatakan kenaikan harga bawang juga disebabkan karena pengaruh cuaca buruk beberapa waktu terakhir.

“Bawang kan katanya dari luar, China sepertinya. Lewat jalur laut juga, kebetulan saat ini kondisi cuaca sedang buruk. Kabarnya terganggu juga untuk pengiriman kesini jadinya,” ungkapnya. (Heri)

Related Post