Jelang Kurban, Warga Berbondong-bondong Ajukan Surat Keterangan Kesehatan

image

Hewan Milik Salah Seorang Warga Siap Untuk Dikirim Ke Luar Daerah. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Terhitung dari awal bulan Agustus 2017 sampai H – 4 menjelang hari raya Idhul Adha puluhan ribu ekor Sapi dan Kambing milik pedagang yang telah mengajukan Surat Keterangan Kesehatan Hewan ke Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul dikirim ke luar daerah untuk disembelih dan dijadikan hewan kurban.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboraturium Kesehatan Hewan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Gunungkidul Gesit Handoyo mengatakan bahwa, Sapi dan Kambing tersebut rata-rata dijual ke wilayah Jawa Barat dan Jakarta

“Sampai saat ini, terdapat 1152 ekor Sapi dan 4642 ekor Kambing yang sudah dikirim ke luar daerah,” jelasnya kepada Gunungkidulpost.com, Selasa (29/8/2017).

Dari hasil pemeriksaan laboraturium, lanjut Gesit, ribuan hewan ternak yang diberangkatkan ke luar daerah teraebut tidak ditemukan penyakit membahayakan seperti Antraxs atau yang lainnya.

“Hewan ternak Sapi maupun Kambing yang sudah dikirim ke luar daerah dan sudah memiliki Surat Keterangan Kesetahan Hewan (SKKH),” jelas Gesit.

Gesit memastikan semua hewan ternak yang akan dikirim ke luar daerah semuanya aman dan sehat. Hewan ternak yang sudah memiliki SKKH bakal aman ketika melewati pos lalu lintas kesehatan hewan.

“Dari semua hewa hasil pemeriksan sehat dan aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post