Jelang Lebaran, Petugas Gabungan Gelar Razia

image

Petugas Gabungan Melakukan Sidak Harga Kebutuhan Pokok Menjelang Lebaran. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tim Pemantau Inflasi Daerah (TPID) Profinsi DIY bersama TPID Gunungkidul bersama-sama memantau harga kebutuhan pokok dan stock barang kebutuhan pokok untuk persiapan menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H di pasar Argosari, Wonosari, Gunungkidul pada Senin, (12/6/2017).

Tim TPID terdiri dari Bank Indonesia, Bulog, Badan Pom, Polda,  Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Perekonomian, serta Dinas Pertanian dan Perikanan. Tim TPID Profinsi di pimpin oleh Suwarsi, Kasubag Perindustrian Perdagangan Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekda DIY.

Dari hasil pantauan, Suwarsi menyampaikan bahwa harga cenderung menurun.

“Rata-rata harga kebutuhan pokok menurun seperti cabai, beras, ikan, telur sedangkan untuk harga daging sapi masih stabil,” jelas Suwarsi kepada Gunungkidulpost.com.

Menurut dia, untuk saat ini hanya daging ayam terpantau naik 1ribu rupiah per kilonya dari 31 ribu menjadi 32 ribu.

“Bawang merah, bawang putih serta terigu saat ini juga masih stabil, hanya bawang putih kating yang naik harga karena barangnya impor, ada faktor kendala dalam pemasokan sehingga memyebabkan harganya naik,” ujarnya.

Namun, lanjut Suwarsi, dari Kementrian perdagangan sudah menyampaikan bahwa bawang putih kating akan segera diluncurkan ke DIY sehingga ketersediaan barang cukup dan harga kembali stabil.

Oprasi pemantauan harga kebutuhan pokok dan stock barang kebutuhan pokok di Gunungkidul ini merupakan yang pertama kalinya untuk tahap menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini. 

“Selanjutnya TPID Profinsi akan melakukan pemantauan di pasar – pasar yang ada di Kabupaten Kulon Progo, Bantul, Kodya dan Sleman,” tuturnya.

Dia berharap dengan dilakukannya oprasi pemantauan harga dan stock barang kebutuhan pokok dipasaran nantinya harga akan tetap stabil. Kalaupun nanti ada gejolak, Pemerintah siap untuk terus melakukan oprasi pasar. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post